Kamis, 10 Juli 2014

Pilpres 2014 Di Hongkong

http://pakettourmurahhongkong.blogspot.com/
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sengaja menetapkan jadwal pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) Hongkong pada Minggu (6/7/2014) karena Pemerintah Hongkong menetapkan setiap rumah tangga harus meliburkan pekerja pada hari Minggu.

"Undang-undang menetapkan pemilu diselenggarakan pada hari libur atau hari yang diliburkan. Ini karena kami tahu, tenaga kerja Indonesia (TKI) kita libur pada hari Minggu. Harapannya mereka bisa menggunakan hak pilihnya jam berapa saja," ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (8/7/2014) dini hari.

Dia mengatakan, setiap Minggu, TKI di Hongkong berkumpul di Victoria Park. Menurut Husni, itu pula sebabnya TPS luar negeri di Hongkong dibangun di taman tersebut. Tujuannya agar pemilih mudah menjangkau TPS.

Sebelumnya, beredar video kekisruhan pemungutan suara di Victoria Park, Hongkong, Minggu (6/7/2014). Tampak ratusan tenaga kerja Indonesia yang ingin mencoblos, tetapi gagal menyalurkan suaranya. Mereka kecewa karena tidak diberikan waktu tambahan untuk memberikan suaranya pada Pilpres 2014.
Sumnber :KOMPAS.com
Dalam video yang diunggah Vina Nurita di YouTube, mereka menduga ada kecurangan. Video berdurasi 4 menit 25 detik memperlihatkan seorang petugas yang diduga melakukan kecurangan. Dalam video tersebut, tampak para pemilih memegang ponsel untuk merekam kejadian tersebut.

Beredar pula kabar bahwa Komisioner KPU Sigit Pamungkas menyatakan akan membuka kembali TPS jika para pemilih memilih pasangan nomor urut 1. Sigit membantah hal tersebut. Menurut dia, justru para pemilih melapor kepadanya kalau ada oknum yang menyatakan demikian. "Saya bilang siapa orangnya, mana buktinya. Ayo kita tangkap bersama. Tapi tidak ada yang bisa menunjukkan," kata Sigit.