Sabtu, 11 April 2015

Tips mencari makanan halal di Hong Kong

Makanan Halal Di Hongkong

Hongkong merupakan tempat dimana Islam adalah agama Minoritas. Jadi, Anda tidak mudah memperoleh tempat beribadah seperti masjid yang banyak bertebaran seperti di Indonesia dan Jangan pula berharap kalau bisa jajan sembarangan tanpa harus memperhatikan Halal atau Haramnya sebuah makanan.

Seperti halnya di Indonesia, dimana ada sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh, MUI maka Hongkong mempunyai hal serupa. Disana, outlet, restoran ataupun, tempat-tempat yang menyediakan makanan halal bakal memperoleh logo serta sertifikasi dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong (Badan Wakaf Komunitas Hong Kong) atau yang kerap disebut dengan nama The Board of Trutees oleh masyarakat disana.

Di Hong Kong sendiri, umat Islam diperkiran sudah mencapai angka yang cukup tinggi. Diperkirakan ada sekitar 220 ribu muslim yang tinggal di Hong Kong. Jadi tidak mengherankan kalau saat ini bagi traveler muslim yang ber keinginan untuk pergi ke Hong Kong bakal memperoleh kesulitan untuk menemukan makanan halal.

Bahkan tempat-tempat yang menyediakan makanan bisa dijumpai di hampir seluruh penjuru Hong Kong. Bahkan Disneyland Hong Kong, Anda bisa menemukan Restoran halal. Di Disneyland, Anda tidak di perkenankan untuk membawa makanan dari luar. Jadinya, harus memanfaatkan tempat halal yang ada di area tersebut.

Disini, terdapat dua restoran halal yang disediakan, Yakni Tahitian Terrace yang ada di Adventureland serta Explorer's Club Restoran yang ada di Mystic Point. Selain itu, ada pula hotel-hotel di area Disneyland yang juga menyediakan makanan halal. Diantaranya adalah Chef Mickey dan Studio Lounge yang ada Disney Hollywood Hotel serta Walt's Cafe di Hong Kong Disneyland Hotel.

Itu kalau ditempat liburan. Pada saat pertama kali menjajakan kaki ke Hong Kong, Anda juga bisa mendapatkan makanan halal dengan tidak sulit. Di HK Airport, terdapat restoran halal yang sengaja di sediakan oleh pihak pengelola bandara.

Restoran hala yang pertama yang ada HK Airport adalah Popeye Chicken and Biscuits. Di HK Airport, terdapat dua Popeye Chicken and Biscuits dan keduanya berada di terminal satu. Sementara yang lain adalah Restoran Regala Cafe & Deseert yang ada di Hotel Regal Airport.

Di Hongkong juga ada tempat makan dim sum yang halal. Hong Kong memang terkenal dengan makanan yang satu ini. Dan tempat makan dim sum yang paling terkenal mungkin adalah Lin Heung Tea House. Namun tentu saja, untuk makan dim sum disitu, yang menjadi pertanyaan besar adalah  mengenai kehalalannya.

Nah, terdapat sebuah solusi bagi traveler muslim yang ingin mencicipi dim sum Hong Kong tanpa harus takut mengenai halal atau tidaknya. Tempat yang bisa didatangi adalah Islamic Center Canteen yang berada di Masjid Ammar. Berbeda dengan dim sum di Lin Heung Tea House, dim sum yang disediakan oleh Islamic Center Canteen terjamin kehalalannnya,

Pilih dim sum yang di tawarkan ditempat ini juga cukup beragam. Diantaranya adalah Shrim Dumpling, Chicken Siu Mai, Beef Balls, Beef Siu Mai dan lain-lain. Mengenai harganya, dim sum di tempat ini juga tidah terlalu mahal. Satu porsi dim sum bisa diperoleh dengan harga sebesar 13 dolar Hong Kong atau setara 15 ribuan. Tidak terlalu jauh berbeda dengan harga seporsi dim sum di Indonesia bukan?

Kalau ingin mencicipi makanan halal sekaligus asli Indonesia, ada pula pilihannya, Yakni Warung Malang. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi berbagai jenis makanan asli Indonesia. Dan tentunya, makanan-makanan tersebut juga dijamin kehalalannya yang telah mendapatkan sertifikasi halal. Beberapa jenis makanan yang bisa ditemui di tempat ini antara lain adalah Soto Ayam, Nasi Goreng, Gado-Gado, Gule, Sate, Nasi Remes, Sup Buntut dan lain-lain.

Warung Malang terletak di Pennington Street di Kawasan Causeway Bay. Mengenai rasanya juga tidak usah diragukan, karena bahan-bahan bakunya, seperti yang dibilang sebelumnya, di ambil secara khusus dari Indonesia. Warung Malang ini buka dari pukul 10 pagi hingga jam 9 malam. Mengenai harganya, Warung Malang mematok banderol berkisar dari 30 dolar Hong Kong hingga 50 dolar Hong Kong atau setara 45 ribuan hingga 75 ribuan.